25 Hari Mencari Nilai

11:34 AM

Akhirnya blog ini kembali terisi.
Gila, uda berapa minggu ren ga update blog?
Yang pasti sejak gue mulai kerja rodi di Dioma.
Masih inget kan soal resolusi gue di tahun ini?
Buat kalian yang doyan kepo-in blog ini pasti masi inget atau setidaknya 'tau' lah...
Buat yang belum tau, bisa baca disini Harapan di Tahun ini
Oke kali ini gue bakal nyeritain kisah PKL selama sebulan kemarin.
Ini bakal jadi cerita yang panjannggggg, jadi buat kalian yang masi ngotot mau kepo-in blog ini
buruan ambil snack-snack yang ada, kalo belet pipis, buruan pipis dulu. kalo kebelet yang lain,
silahkan mampir ke blog orang dulu, sebelum blog gue kena imbasnya hehehe *kidding.

Apa itu Dioma?
Committed to Enlightenment!
Itu slogan punya Dioma yang ga bole luput di pasang kalo gue dapet kerjaan bikin media komunikasi visual mereka. Jadi, Dioma itu salah satu penerbit yang ada di Indonesia (kota Malang khususnya). Dan buat kalian yang dulu waktu TK hobi koleksi majalah Kejora, itu juga bikinannya Dioma. Pemasaran mereka uda mulai dalam - luar negeri. Ya meskipun masi kalah pamor ama Gramedia, tapi Dioma termasuk salah satu penerbit yang sedang berkembang di Indonesia.


Magang Hari Pertama, Dikurung di Gudang.
Hari itu... Gue bangun pagi buta, bayangin jam masuk kantor setengah delapan tet padahal biasanya jam 7 itu gue masi ngulet-ngulet ngumpulin nyawa di kasur. Parah! Akhirnya gue berhasil berangkat ke kantor jam 07.10. Yang unik di Dioma itu, gue jadi ngerasa kembali ke jaman SD. Kita tau kapan itu jam mulai kerja, jam istirahat ama jam pulang dari bel "teeerrtttt teeettt TEET!" Sehabis itu semua orang kumpul di tengah kantor dan doa bersama. Hari pertama gue bingung harus ngapain, gue terdampar di gudang. Oke sekedar mengingatkan "Gue anak Desain Grafis". Katanya si, setiap anak magang hari pertama selalu ditaruh di departemen logistik dulu. Kerjaannya ngurusin buku di gudang ama buku yang harus di kirim ke luar kota/pulau. Waktu itu gue disuru ngebantuin stock opname. Hadeh, ngitungin buku di rak-rak yang debunya uda kayak pasir gurun Sahara mennn! Untungnya orang-orang di departemen logistik baik dan seru, jadi kerjaannya ga terlalu ngebosenin.

Naik Jabatan, Departemen Produksi.
Setelah terdampar dua hari di logistik, hari ketiga gue naik ke bagian produksi. Dan disinilah hari-hari panjang gue akan dimulai. Tugas pertama gue waktu itu disuru bikin media publikasi buat event Sensasional Diskon 100% punya Dioma. Event ini diadakan dalam rangka Valentine, jadi konsep promosi mereka adalah beli satu, gratis satu. Kesannya rada kocak juga ni menurut gue, ngado pacar pake buku di momen valentine. Ntar kalo pacaran yang dibahas gini deh:

Cowok : Saaayang, gimana bukunya bagus ga?
Cewek : Ih, iya ni so sweet. Aku jadi terharu deh. *ceritanya dikado novel-novel romantis
Cowok : Kamu uda sampai halaman berapa?
Cewek : Ini uda sampai halaman 121 yank, kamu sendiri?
Cowok : Aku uda di halaman 130, itu tu yang bagian Dona ketemu Doni di cafe sambil nungguin ujan reda.
dan pembicaraan terus berlanjut setiap ngapel, buat nyocokin halaman yang uda terbaca :|

Gue dapat bagian buat bikin spanduk, poster sama banner web hari itu. Dan hasilnya seperti ini:

 photo PosterEdit_zpse7eea9f7.jpg

 photo SpandukEdit_zps512ea8b5.jpg

 photo webnew_zps32adfe78.jpg


Kerjaan Selama di Departemen Produksi

- Bookmark
Setelah selesai bikin media publikasi tadi, gue disuru bikin bookmark novel sweeteen. Jadi berhubung gue magang bulan februari, semua bookmark novel sweeteen diganti menjadi nuansa valentine. Ini beberapa karya gue waktu bikin bookmark.

 photo cats-2_zps93ff6aa4.jpg

- Cover Pendidikan Agama Katolik
Ini kerjaan yang paling susah menurut gue. Jadi Dioma baru aja nguarin buku pendidikan agama "Membangun Komunitas" buat anak SD, SMP dan SMA. Yang SD sama SMP uda terbit dengan cover yang WOW. SD dibikin model coloring dan yang SMP model pop art gitu. Kayak gini ni:

 photo coverPAKSDkls2_zpsba69e2a2.jpg

 photo CoverPAKSMPkls7_zps09a62f20.jpg

Nah dari bagian produksi sendiri sudah bikin cover yang buat SMA seperti ini, tapi ditolak.

 photo CoverPAKSMAkls11_zpse91c896d.jpg

Kalo kata Agness: Ini memang gila!!! Trus gue harus bikin kayak gimanaaa. Gue uda sempet bikin model mosaic yang ala-ala gereja Katolik itu. Tapi dibilang kesannya masi kayak anak SD :|

 photo 165946_572998466044186_1039560084_n_zpsd1536b95.jpg

Dan akhirnya gue nyoba beberapa kali lagi, dengan konsep yang beda.

 photo CoverVersi210_zpsadea5ad4.jpg

 photo CoverVersi310_zps890ed153.jpg

 photo CoverVersi410_zps4e549d13.jpg



- Katalog Buku Rohani dan Buku Umum Dioma
Bikin katalog adalah kerjaan yang paling menyita banyak waktu. Gue ga mau banyak cerita deh soal ini. Ngebayanginnya aja uda bosen duluan, tapi ini hasilnya:

 photo CoverCatalogRohani_zpsb3b5091c.jpg

 photo CoverCatalogUmum_zps26c74d03.jpg


- Iklan Majalah Hidup
Setiap bulannya Dioma pasang iklan di Majalah Hidup buat promosi'in buku-bukunya. Kali ini gue dapet kesempatan buat ngedesain'in iklan yang akan mereka pasang di sana. Ga banyak kriteria, yang penting ada ucapan selamat Paskahnya karena bulan Maret nanti bertepatan dengan momen Paskah. Dan berhubungan dengan peristiwa Paus yang ingin mengundurkan diri dari jabatannya, gue disuru nyelipin gambar Paus disana. Hasilnya seperti ini:

 photo cats2_zps6592c463.jpg
kiri: bulan Februari (bikinan Dioma), kanan: bulan Maret (bikinanku)

-Desain Template Majalah Kejora
Jujur aja gue paling takut dibagian Kejora. Karena dalam pikiran gue yang cocok dibagian ini adalah orang-orang yang bercita-cita menjadi ilustrator. Ya, seperti yang uda gue bilang sebelum-sebelumnya. Kemampuan gambar gue kurang :( Gue sadar itu, tapi gue berusaha sebisa mungkin dengan apa yang gue bisa waktu disuru gambarin icon-icon baru buat template majalah kejora mereka.  Dan selain itu, gue juga disuru ngebikin template halaman mereka. Jadinya seperti ini:

 photo IconTemplateKejoraMungil_zps889a469e.jpg

 photo TemplateCover_zps3a11ce7f.jpg

nb: sebenarnya gue uda masukin templatenya ke dalam animasi gif, biar postingan ini ga terlalu banyak gambarnya. tapi apesnya resolusinya kekecilan. jadi gif buat template kejora ama isi katalog rohani + umum batal gue masukin.

Kursi nista
Kerja di bagian produksi lebih sesuai ke bidang gue. Setiap hari yang gue liat ya Corel ama Photoshop. Gue bersyukur karena gue ga dianggurin gitu aja, seperti ketakutan anak-anak magang biasanya. Cuma jadi cecunguk ga berguna yang kerjaannya cuma utek-utek laptop padahal online ato paling nista main Solitaire. Di produksi gue bener-bener kerja non stop, dari jam setengah delapan pagi sampai jam setengah empat sore. Muter otak buat ngebikin desain yang sesuai ama keinginan mereka. Duduk di kursi lipet yang tatak-annya uda lepas selama itu bikin pantat gue panas parah! Jadi kalo gue pulang ke rumah, terus mandi krasa deh perih-perih gitu. Ampun, kasian pantat gue. Gue mau ga mau harus duduk di kursi nista itu mengingat ruang kerja gue cuma muat buat mereka berempat (2 ilustrator kejora, editor, grafis)

Hari terakhir, hari kebebasan
Perasaan jenuh, bahagia, seneng, jengkel selama 25 hari di PT Dioma sempet ngebikin gue kangen sama kampus. Gue kangen temen-temen yang lain, kangen ngadem di ruang kelas saat jam-jam kosong, kangen makan-makan bareng dan gue uda ga sabar buat berbagi cerita magang ama mereka. Hingga saat hari terakhir disana, gue jadi bertanya dalam hati "Apa nantinya gue juga akan kangen dengan tempat ini?" Entahlah, setidaknya gue sekarang jadi tau gimana dunia kerja nantinya. Dan inilah hasil akhir magang gue:

 photo IMG_7847_zps8b314e44.jpg

Thank you Dioma.
Thank you God, satu resolusi tahun ini terwujud!

You Might Also Like

4 comments

  1. Hey! Thanks for your follow yah. :D
    Salam kenal, hehe gue bakal ambil graphic design kuliahnya. :)
    Maybe we can do a lot of sharing here. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.
      My pleasure, CN! :D

      Hapus
  2. Kisah yang lucu... Walau pun tidak dapat jilid laporan praktik magang, setidaknya kami dari perwakilan PT Dioma bisa mendapat evaluasi dari kisah dan keluhan Sdr. Rendy... hehehe... :D
    Kursi Nestapanya akan kami ganti untuk anak magang selanjutnya... :)

    BalasHapus

POPULAR POST

A POST TO REMEMBER

New Chapter

First... Let me shout: HAPPY NEW YEAR, everyone!!! *hug* Rasanya masih keinget banget nulis kata-kata  "Begin another new chapte...

SEARCH