Museum Angkut, The Biggest Transportation Museum in South East Asia

8:20 PM

JENG! JENG! belum-belum uda meJENG! hahaha

Keren ga judulnya? Kali ini aku mau cerita soal liburan kemarin, tapi ga bole protes ya! Kalo banyak foto narsis kita hahaha. Jadi... bagi kami para fresh graduate yang mulai merasakan kejamnya dunia kerja, hari libur uda kayak oase dikala penat mulai menumpuk. Libur lebaran kemarin, aku dan teman-teman sempat berkunjung ke salah satu tempat wisata baru di kota Batu. Museum Angkut. Letaknya ga jauh dari Jatim Park 1, kurang lebih 500 meter. Kami berangkat dari Malang sekitar pukul 3 sore, dan untungnya jalanan ga macet. Jadi sekitar pukul 16.30 kami sudah sampai di Batu. Harga tiket yang kami beli waktu itu 75 ribu. Sebenarnya kita bisa nambah 10 ribu untuk nyobain wahana baru yaitu museum topeng. Tapi karena sudah terlalu sore, kita memutuskan tidak menambah tiket museum topeng.

Masuk pintu museum, petugas akan memasang gelang tiket yang sudah kita beli tadi dan mengecek barang bawa'an kita. Oh, ya! Disini kita ga boleh bawa kamera saku apalagi DSLR. Boleh sih bawa, tapi si kamera harus dibeli-in tiket sendiri seharga 50 ribu. Mahal mamen, buat kamera doang. Tapi jangan khawatir, kita tetep bisa bernarsis ria dengan menggunakan kamera hape. Tipsnya nih, jangan lupa bawa tongsis :P

Sampe di Batu masi terang dan dinginnn~

Di hall utama, kita bisa liat berbagai macam angkutan dari masa ke masa yang ada di dunia. Semua keren-keren dan unik. Yang ga kalah seru, angkutan-angkutan itu bagus buat dijadiin latar foto kita hahaha. Tips lagi: kalau bisa nih, jangan ke museum angkut saat long weekend. Kenapa? karena uda bisa dipasti-in pengunjung bakal lebih banyak, jadi kita susah dapetin foto yang ga 'bocor' dan lagi kita kan harus gantian juga sama pengunjung lain saat berfoto. Kemarin, aku dan teman-teman pergi saat hari H Idul Fitri dan agak sore juga. Jadi pengunjungnya bisa dibilang pas. Ga sepi dan ga terlalu ramai. Selanjutnya dari hall utama, kita harus naik lift untuk memulai perjalanan ke zona-zona yang ada di museum angkut.

Hall Utama Museum Angkut
Andre - Gloria - Yap2 - Rendy

miniatur jembatan Surabaya-Madura (Suramadu)


emangnya di Museum Angkut ada zona apa aja sih? oke, yuk kita lihat satu persatu...

  ZONA EDUKASI  
disini kita dapat belajar tentang sejarah angkutan darat, laut, dan udara yang ada di Indonesia maupun dari negara-negara lain.

Detail kapalnya keren banget!



  ZONA BATAVIA DAN PECINAN  
Ingin tahu Jakarta dan kampung pecinan tempo dulu? Nah, di zona ini semua angkutan dan properti ditata sedemikian rupa sehingga kita benar-benar bisa merasakan situasi jakarta dan pecinan di masa lampau.



  ZONA SUNDA KELAPA DAN GUDANG BATAVIA  
Waktu jaman sekolah, familiar kan dengan nama Sunda Kelapa? Yeap, sebuah pelabuhan yang sangat terkenal pada jaman penjajahan Belanda. Di zona ini kita jadi bisa merasakan suasana pelabuhan di masa itu dan kita juga bisa banyak melihat berbagai jenis kendaraan yang berasal dari Jepang dan Australia.






  ZONA GANGSTER  
Mulai dari sini, kita akan benar-benar merasa seperti di luar negeri. Kita bisa nyoba-in broadway street yang jadi tempat impian para artis dunia hahaha. Berhubung ini zona narsis yang kece, ada tips lagi buat kalian: Kalau kalian datangnya pas siang hari, berfoto di zona ini pasti bukan hal yang susah karena pencahayaan-nya masih bagus. Tapi kalau sudah terlalu sore, foto kita bakal jadi gelap dan banyak noise. Secara hanya pake kamera hape. Tapiii... ada positifnya juga. Kalau sore-malam lampu-lampunya uda pada nyala, jadi suasana di zona ini bakal lebih keren daripada di siang hari. Gimana, mau foto di siang hari atau malam hari?







  ZONA EROPA  
Di zona ini kita dapat merasakan nuansa kota-kota di Eropa seperti Italy, Perancis, Jerman, dan Inggris.
Tidak ketinggalan pula miniatur menara Eiffel yang bisa kita pake buat berfoto hehehe.










  ZONA LAS VEGAS DAN HOLLYWOOD  

Mau berfoto dengan Mr. Flinstone? Hulk? atau dengan mobil jagoan masa kecil kita Batman?
Semua bisa kita lakukan di zona ini.



Dan yang terakhir ada zona pasar apung sebenarnya, tapi berhubung uda kemaleman kita ga sempet foto-foto disana hehehe. Karena letaknya di akhir rute Museum Angkut, di zona ini kita bakal banyak nemuin stand makanan ama stand-stand souvenir gitu. Gimana? Seru ga liburan di Museum Angkut? Semoga postingan kali ini bisa jadi alternatif liburan kalian ya! See ya...

Museum Angkut & Movie Star Studio
Address: Jalan Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu
Opening hours: 12.00-20.00 WIB
Phone: +62341 595007
Ticket: Rp.50.000,00 (weekdays) | Rp. 75.000,00 (weekend)
E-mail: marketing@museumangkut.com
Twitter: @museumangkut
Web: www.museumangkut.com

have a nice holiday,
Rendy Willyanto

You Might Also Like

0 comments

POPULAR POST

A POST TO REMEMBER

New Chapter

First... Let me shout: HAPPY NEW YEAR, everyone!!! *hug* Rasanya masih keinget banget nulis kata-kata  "Begin another new chapte...

SEARCH