The Way We See "Happiness"

11:20 AM

Holaaa, hari ini aku bahagia sekali :)
yaapp, libur ditambah hari ini adalah malam natal hehehe
ngomong-ngomong soal kebahagiaan, aku jadi teringat ama pengalaman pribadiku saat ini dan yang sedang kurasakan hari-hari ini...


"Happiness doesn't depend on outward things,
but on the way we see them."


Dulu saat pertama kali aku masuk ke dunia perkuliahan, aku ga bahagia sama sekali. Rasanya masi belum rela buat meninggalkan masa SMA yang penuh dengan keceriaan bersama temen-temen.
Dan waktu itu aku mikir 'ah, ga mungkin di kampus nanti bakal dapet temen yang seru' . Hal itu semakin terbukti saat masa-masa ORMABA, di sana aku ngalami banget rasa transisi dari yang tadinya di SMA jadi kaum mayoritas dalam hal suku dan agama trus jadi kaum minoritas.  Aneh ? Canggung ? Sedih ? IYA. Semua kerasa waktu di awal-awal. Belum lagi terkadang dari pola pikir diri sendiri yang langsung men-judge diri terintimidasi oleh mereka.

Waktu terus berlalu dan sampailah aku sekarang di semester tiga. Dan tau ga ? ternyata semua sudah ga seburuk dulu lagi. Aku mendapatkan kebahagiaan di sini ! Di tempat yang tadinya aku nilai sangat jauh dari kata bahagia.

Mungkin waktu SMA aku banyak berteman dengan mereka yang punya banyak kemiripan dengan aku, jadi kita bisa bercanda dalam frekuensi yang sama. Sedangkan di dunia perkuliahan ini, aku banyak bertemu dengan teman yang banyak memiliki perbedaan dengan aku.  Di sinilah aku banyak belajar tentang menghargai perbedaan. Belajar untuk mengetahui diri sendiri dan orang lain agar tidak terjadi kesalah pahaman saat ngobrol dan guyon.

Aku masi ingat saat terakhir mendapat pelajaran bahasa Inggris di SMA.  Waktu itu suasananya sedih karena itu adalah hari-hari terakhir kita di SMA, terus kita hias papan kelas dengan tulisan-tulisan yang intinya tentang "jangan lupakan persahabatan kita".  Bu Erni masuk kelas dan dia ikut terharu saat baca tulisan tadi, tapi dia sempet bertanya gini :

"Sampai kapan kita bisa memelihara persahabatan ini ?", sebuah pertanyaan yang disambung dengan kata-kata bijaksananya..

"Ibu bisa mengerti perasaan kalian saat ini, karena ibu juga pernah mengalami masa-masa ini. Tapi bukankah kehidupan terus berjalan dan kita harus melangkah ke tahap yang lebih tinggi dari SMA ? Persahabatan masa SMA memang indah, tapi percayalah di luar sana kalian juga akan mendapatkan sahabat-sahabat lain. Entah itu dalam dunia kuliah atau dalam dunia kerja". 

Terus temen-temen sempet jawab,
"Tapi kan beda Bu, ga akan se seru waktu SMA". 
"Sama, pasti akan sama. Hanya kita butuh waktu untuk itu. Suatu saat kalian juga akan sedih saat harus meninggalkan bangku kuliah, suatu saat kalian juga akan merindukan rekan kerja kalian."

*kurang lebih seperti itu kisahnya*


Dan sekarang jika nanti aku bertemu Bu Erni lagi, aku bisa berkata
"Ya, apa yang dulu pernah ibu katakan, itu benar!"




Intinya adalah bagaimana kita bisa membuka diri dengan orang-orang di sekitar kita. Kadang kita terkurung dalam persahabatan yang itu saja, sehingga kita bilang "aku bahagia kalo sama-sama mereka", tapi bagaimana saat kita berpisah dengan sahabat lama kita ? Bukankah kita juga akan berpisah untuk mengejar mimpi masing-masing ?

Nah, di saat itulah kita akan menemukan teman-teman baru. Dan jangan salah, kita juga bisa kok bahagia dan tertawa lepas bersama mereka. Tergantung cara pandang kita terhadap mereka. Kita tidak bisa membandingkan sahabat lama dengan teman yang baru akrab karena saat itu kita akan banyak menemukan kelebihan sahabat lama.  Tapi percayalah suatu saat nanti dia juga bisa menjadi sahabatmu.

Saat ini, aku bahagia karena masih bisa bersahabat dengan teman SMA-ku. Tapi di sisi lain aku juga bahagia denga teman-temanku di kampus. O ya, terakhir jangan lupa dengan  pepatah kuno "Jika mempunyai teman baru, jangan lupa teman lama"

Selamat mencari kebahagiaan bersama orang-orang sekitar :D

You Might Also Like

0 comments

POPULAR POST

A POST TO REMEMBER

New Chapter

First... Let me shout: HAPPY NEW YEAR, everyone!!! *hug* Rasanya masih keinget banget nulis kata-kata  "Begin another new chapte...

SEARCH