Bayangan Hitam PKL !

8:36 PM

Ini adalah kali pertamaku ikut seminar PKL di kampus.
Jadi gini, di kampusku kalau mau ngajuin proposal Tugas Akhir (skripsi)
kita harus minimal ikut 5x seminar PKL, 5x seminar Tugas Khusus, 10x seminar Tugas Akhir,
ama setidaknya jadi 2x penyanggah utama waktu seminar dan jadi moderator.
Ribet mampus ya demi sebuah gelar S1 itu.
Berhubung aku uda semester 5, aku ngerasa ini uda waktunya buat mulai nyicil ngumpulin seminar
sekalian cari gambaran buat PKL tahun depan aminnn.

Hari ini kebetulan ada waktu senggang yang cukup panjanggg,
sebelum ikut kelas praktikum interaktif multimedia.
Dan kebetulan lagi ada seminar PKL-nya anak DG (desain grafis).
Ternyata ada dua seminar PKL anak DG yang berurutan dengan dosen penguji yang sama.
Ya uda langsung aja ikut dua-duanya.

Seminar yang pertama nyeritain tentang pembuatan video dokumentasi penyematan 10ribu pin pelopor keselamatan berlalu lintas.
Jadi dijelasin cara mereka membuat video itu lengkap dari proses persiapan bersama crew,
ngerekam pake alat-alatnya, editing di adobe premiere ama after effect,
sampe desain packagingnya pake photoshop ama corel.
Bumpernya bagus, keren. videonya si ya gitu-gitu aja namanya juga dokumentasi.
sound yang mereka rekam juga bagus, bersih.
Kalau desain packagingnya menurut aku jelek, terlalu biasa.

Kalo seminar yang kedua juga nyeritain tentang pembuatan video,
tapi yang ini video visualisasi unit pelayanan BPKB di kota Malang.
Tahapnya juga sama kayak yang sebelumnya, cuma beda di hasil.
kalo punya anak DG yang satu ini openingnya biasa + ada efek yang rada ga nyambung.
Videonya lebih bagus karena ada interaktifnya disamping.
Sound jelek parah, ndengung gitu.
Kalo packagingnya jelek, banyak gambar yang useless.
Misalnya pemakaian 2 logo yang kembar di cover itu bener-bener ga bijak banget.

Oke komentar emang gampang, tapi ngejalaninya pasti sulit.
Jadi sebenarnya aku super salut ama kakak kelas tadi, mereka uda berhasil dan selesai PKL.
Jujur aja aku uda mulai ga tenang kalo ngebayangin semester-semester depan.
Harus ikut PKL, TK, TA trus ngadain seminar-seminarnya.
duhhh.
Rencananya si tahun depan waktu libur semester, aku mau ambil PKL.
Tapi ngeliat para kakak kelas tadi bikin video kayak gitu, aku jadi ga yakin.
Suer aku ga ada bayangan gimana cara bikin opening kayak video yang uda aku tonton tadi.
bikin animasi buat munculin logo ama teks + masang interaktif di tengah-tengah video.
ngedit sound sampe bersih, nyamain frekuensinya buat di dengerin di headset / speaker.
Aku bisa bikin animasi juga masi pas-pasan, editing video masi nol besar.
Kaga ngertiii.
Stress deh kalo sampe harus PKL di stasiun televisi ato perusahaan yang berhubungan ama broadcast gitu.
Trus harus PKL dimana? Ngerjain apa?
Ga tau deh, so far yang kepikiran mau nyoba di percetakan Dioma.
Kalau disana mungkin lebih ke bidang yang aku kuasai.
Sejauh ini aku masi lebih nyaman di dunia percetakan, daripada di bidang animasi.
Semoga tahun depan bisa PKL dengan lancar :')

You Might Also Like

0 comments

POPULAR POST

A POST TO REMEMBER

New Chapter

First... Let me shout: HAPPY NEW YEAR, everyone!!! *hug* Rasanya masih keinget banget nulis kata-kata  "Begin another new chapte...

SEARCH