Akhirnya Kangen Kampus

8:04 PM

Heyho jayho readers! Gimana kabar nih? Ga terasa ya uda Oktober aja, bentar lagi uda end year trus ganti taun deh! Apesnya aku masi terdampar di kantor yang ngebosenin ini, duh... Jujur nih ya, walaupun dulu aku mengutuk kampus sebagai tempat paling ga asik yang pernah aku singgahin, tapi sekarang jadinya kangen juga ama kampus. Kangen masa-masa di kampus yang bisa leha-leha all day long. Ya walaupun tugasnya seabrek tapi masi bisa dong ya curi-curi waktu buat nyantai... Mau dateng telat bisa, mau bolos bisaaa... yah meskipun aku jarang bolos si! hahaha anak rajin dong! Kecuali kalo mata kuliahnya ga penting-penting amet dan dosennya juga sering php antara ada kuliah apa kaga. Tapi tetep dong ya, itu kebebasan masi berasa banget. Coba deh sekarang, kalo bolos... Beuh, boro-boro deh bolos dateng telat aja uda POTONG GAJI! uda gaji dikit dipotongin terus. Tega emang dunia kerja... Well, kebebasan itu uda pergi jauh dari hidup aku... Hiks!

Jadi... jujur sejujurnya banget. Dulu tuh ga kebayang buat kuliah di kampus aku itu. Awalnya abis lulus SMA uda rencana hijrah ke Surabaya dan kuliah disana. Semua uda disiapin mulai daftar di salah satu kampus swasta, bayar uang sumbangan pendidikannya, cari kos-kosan. Semua uda beres, tinggal tunggu lulus trus hijrah deh. Tapi kayaknya Tuhan punya rencana lain, dan jujur... aku kesel banget ama Tuhan waktu itu :'( Papa kerja wiraswasta jadi agen Pertamina, dan waktu itu ada konversi minyak tanah ke gas. Pada inget ga? Nah, Gara-gara itu usaha papa jadi goyah. Laba dari minyak tanah jauh lebih besar daripada ngejual gas. Uda gitu papa butuh beli ribuan tabung buat modal usaha lagi, buat ngalihin usaha minyaknya ke gas. Dan semua rencana buat kuliah di Surabaya harus dibatalin karena hal itu. Aku stress, depresi, kayak uda ga punya masa depan lagi. Sempet kepikiran mending ga usa lulus aja, mending aku ulang ujian atau gimana lah yang penting ga ninggalin sekolah dulu. Karena aku ga tau harus kemana lagi setelah lulus. Sementara jurusan desain grafis di Malang baru ada di universitas negeri, yang aku paling anti banget. Kenapa anti? Karena mereka diskriminasi! Trus suatu hari aku dapet brosur dari salah satu kampus swasta di Malang waktu pulang sekolah. Biasanya aku ga pernah bawa pulang tu brosur, dibaca aja kaga. Tapi emang hokinya tu brosur dan apesnya aku. Tu brosur ngikut ke rumah dan dibaca mama. "Nah, ini ada jurusan desainnya! Kuliah disini aja!" JGERRR! langsung aku liatin tu brosur dan sumpah ga ada minat buat kuliah disitu. Aku sadar waktu itu aku uda keras kepala banget, dan ga mau berusaha ngertiin mama yang uda cari jalan keluar supaya aku bisa kuliah di dalam kota aja. Aku ga suka kampus itu, jelek, ga ada temen yang masuk situ, ga terkenal. Saking keselnya, malem itu aku TERPAKSA nangis... Kayak semua emosi yang uda aku pendem keluar semua saat itu. Aku tau kali itu aku cuma berusaha menggenggam harapan yang emang uda hilang. Aku nangis karena kesel. Kesel kenapa aku harus ngelepasin mimpiku. Aku cuma pingin kuliah di tempat yang oke buat masa depan nantinya, aku pingin mandiri diluar kota. Dan semuanya harus batal. Aku ga terima, kenapa dulu ngarahin aku kuliah di luar kota kalo akhirnya ga jadi. Aku nuntut mama papa supaya ngusahain yang terbaik buat aku, walaupun aku tau mereka uda berusaha. Tapi setelah puas nangis buat ngeluarin semua rasa kesel dan kecewa itu. Pelan-pelan aku mulai berusaha menerima kenyataan. Akhirnya aku masuk di kampus itu dengan TERPAKSA.

Awal masuk, aku uda makin bete aja karena itu kampus walaupun swasta banyak banget yang diskriminasi. Waktu OSPEK aku uda dapet tu yang namanya disindir-sindir soal suku ama agama. Ya walaupun aku sebodo amat asal ga kelewat batas, tapi ya tetep aja aku benci ama orang-orang yang deskriminasi gitu. Emang salah aku apa kalo jadi minoritas? Aku ngehormatin mereka sebagai mayoritas, so please kalo mandang orang ga usa pake ngeliatan latar belakang suku atau agama! Coba aja bayangin kalo suatu kali mereka yang jadi minoritas. Apa mau digituin? Setelah Ospek, aku mulai kenal beberapa temen. Yang tentunya baik dong. Buat apa temenan sama orang-orang yang deskriminasi gitu. Ga guna malah bikin kesel. Masuk semester satu uda mulai nyaman dan nemu beberapa anak buat temen main. Tapi ya gitu tiap ganti semester pasti kepisah-pisah dan uda jarang ketemu. Sampe akhirnya tinggal kita berlima yang masi kompak dan makin akrab. Berlima? Sapa aja si? Aku, Nike, Niko, Anas, ama Juned. 

 photo IMG_4814_zpse5d3e771.jpg
Nike - Niko - Juned ini pas kita lagi nunggu jam kuliah
 photo IMG_4816_zps5059c067.jpg
Anas sama yang punya blog ini :P

Ya walaupun temen aku ga banyak waktu di kuliahan. Karena aku paling males nangkring di kampus kalo uda ga da keperluan. Tapi aku merasa bangga pernah bertemen dengan mereka. Seengaknya kita uda ngalamin masa seneng dan sedih bareng-bareng. Jadi tuh, kita anaknya emang ga macem-macem. Kita ga berandal karena kita pinter dan rajin! #cieh! Temen paling deket ya si Nike. Kemana-mana lebih sering keliatan berdua ama dia. Dateng bareng, pulang bareng, makan bareng, bolos juga bareng! Sampe dikira dosen kita pacaran hahaha. Jadi ya karena kita pinter, rajin, dan up to date ada aja dong ya yang sirik ama kita! hahahaha, bukan niatnya sombong ya, tapi emang begitu kenyataannya :P Tapi kita selalu pake prinsip anjing menggonggong kafilah berlalu. Terserah deh ya lu mau ngomong apa yang penting semakin lu remehin kita, kita bakalan makin bersinar!

 photo IMG_1282_zps7da13db2.jpg
Ama Nike, waktu itu lagi jaga pameran DKV di Perpustakaan Kota Malang

Ama mereka, masa kuliah jadi masa yang seru dan menyenangkan. Biasanya kalo ada jam longgar langsung deh kita nge gaul di mall, atau kalo ga ngumpul buat makan-makan dimana gitu. Yang penting ga bertelur aja di kampus. Bosen dong ya. Kalaupun di kampus biasanya kita cari kelas kosong, nyalain AC ama LCD buat nonton film! Hahahaha Seru deh, atau kalau engga kita main tebak lagu sambil ngakak ga jelas.  Walaupun Kadang serem juga kalo ketangkep CCTV trus disiarin di lobi kampus. Ga lucu juga kan nanti, bisa turun deh pasaran kita wkwkwkwk. Trus ya, kebiasaan kita tiap ada yang ulang tahun pasti dikasi surprise. Aku pernah tu waktu ulang tahun digedor subuh-subuh ama Nike dan Anas. Pasnya buka pintu kamar uda ada mereka sambil bawa kue. Padahal itu si Nike abis nyungsep sampe dagunya dijait, tapi mereka belain malemnya ujan-ujanan buat nyari minion di McD. Cuma gara-gara aku lagi pengen minion hahahaha. Kita uda kompak banget, satu kesusahan yang lain bantu. Satu sedih yang lain ngehibur. Satu gila, yang lain ketularan hehehe.

 photo IMG_8711_zps7c510f9f.jpg
Waktu ultahnya si Juned di New Indie
 photo IMG_8710_zpsc4a1a0ce.jpg
Abaikan pose Niko yaaa... hahaha

Ya walaupun begitu persahabatan kita sebenernya pernah retak di akhir-akhir kuliah. Kita sebenernya ada dua temen deket lagi, tapi karena suatu masalah akhirnya cuma menyisakan kita berlima. Sebut aja dua orang itu X (cowok) ama Y (cewek). Si X suka ama si Anas. Padahal Anas uda punya pacar. Anas ga mau dong sama si X. Tapi si X ga terima pake ngancem-ngancem pindah agama buat bikin Anas merasa bersalah. Kita yang tau perbuatan X itu ga bener ya otomatis ngebela si Anas dong. X makin ga terima dan ninggalin kita, dia juga ganti agama dan bergaul ama orang-orang yang sirik ama kita. Mereka cuma hobi omdo, pembual, banyak gaya tapi ga berkualitas. Padahal lho ya dari segi usia si X ini paling dewasa dari kita, tapi pemikirannya sesempit itu. Dan lagi akhirnya si X menghasut si Y. Ngelarang si Y berteman lagi ama kita. Terus dengan bantuan gank omdonya itu si X mulai nyebarin gosip negatif tentang kita biar makin banyak yang ga suka ama kita. Tingkahnya makin kayak anak kecil. Si X sampe ngejek Anas di socmed dan kebaca dosen. Ga tau deh dia itu cowok apa cewek, pengecut banget. Uda nindas cewe, ngejelek-jelekinnya di Socmed juga. Hmmm, dari situ kita tau kalo dia ga bener. Dan akhirnya kita ninggalin dia. Percuma uda ga bisa dibaikin lagi.

LET IT GO... LET IT GO...

 photo IMG_8747_zpsc2c9f094.jpg

 photo IMG_8743_zpsf08d1797.jpg

 photo IMG_8744_zpsaee8da4a.jpg

Yah meskipun dengan terpaksa aku bertahan buat nyelesai'in studi di kampus itu. meskipun bertemu dengan beberapa temen yang ngeselin. Tapi tetap aja ada sebagian kisah yang menyenangkan. Yang bikin kangen sama kampus dan mereka! Intinya ya, kalian harus jaga temen-teman yang baik. Yang bener-bener true friend, yang bakal ngehina kamu blak-blakan tapi juga bakal jadi orang pertama yang selalu ngebelain kamu. Yang bisa bantu kamu buat berkembang dan jadi orang yang lebih baik. Ga usa anggep mereka yang sirik. Toh kayak yang uda aku bilang di postingan yang lama. Kita emang ga diciptain buat semua orang bisa suka ama kita. Kita ga ada yang sempurna, tapi kita bisa saling melengkapi. So, carilah pelengkap yang pas buat dijadi'in temen. Kalo ga pas ya uda, ga usa dipaksain. Buat hari-harimu indah ama orang yang tepat. Oke?

cheers,
Rendy Willyanto

You Might Also Like

0 comments

POPULAR POST

A POST TO REMEMBER

New Chapter

First... Let me shout: HAPPY NEW YEAR, everyone!!! *hug* Rasanya masih keinget banget nulis kata-kata  "Begin another new chapte...

SEARCH